Sabtu, 21 Maret 2009

Penyebab lingkungan kotor

Penyebab lingkungan kotor bermacam-macam sekali. Tetapi semua penyebabnya itu kebanyakan dilakukan oleh manusia. Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap hari manusia menghasilkan sampah. Manusia memiliki sifat yang berbeda, tapi kebanyakan manusia yang kurang peduli akan kebersihan lingkungan, jadi lingkunganpun menjadi kotor.
Lingkungan sekitar rumah kita ada terdapat tanaman atau pohon. Daun yang ada pada tanaman tersebut setiap hari jatuh menjadi sampah. Begitu juga dengan kita yang sering bersantai di lingkungan rumah sambil ngemil. Tanpa sengaja kita selesai ngemil, kita meletakkan sampah tersebut di lingkungan kita. Dari hal di atas ini dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor karena sampah bertebaran. Di zaman modern ini manusia sering disibukkan dengan pekerjaan, sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk membersihkan lingkungan. Akibatnya lingkungan tersebut menjadi kotor. Penyebab lainnya adalah tanpa disadari setiap hari ibu kita masak di dapur. Bahan-bahan sisa yang digunakan untuk membuat makanan itulah yang menjadi sampah. Biasanya kita melakukan kegiatan membuat kerajinan tangan seperti layang-layang. Hal tersebut sering dilakukan oleh anak laki-laki. Mereka biasanya membuat layang-layang di halaman rumah. Sisa rautan bambu tersebut sering kali tidak dibersihkan, maka jadilah sampah.
Selain karena kemalasan manusia, penyebab lingkungan menjadi tidak bersih adalah karena musim buah. Bagi Anda yang memiliki pohon yang berbuah, misalnya jambu. Ketika musim buahnya jambu tersebut akan menghasilkan banyak buah. Buah yang terlalu banyak cenderung tidak dapat dihabiskan oleh pemiliknya. Maka buah-buah yang telah masak dan tidak dipetik akan jatuh. Terlebih lagi saat hujan lebat dan disertai angin yang kencang. Maka dengan spontan buah-buah yang ada di pohon menjadi jatuh dalam jumlah yang banyak. Dalam sekali hujan dapat menyebabkan lingkungan menjadi berhamburan sampah. Sampah-sampah seperti buah jambu jika jumlah banyak, maka kita akan sulit untuk membersihkannya. Secara umum apabila pohon jambu yang sedang berbuah akan sering menjatuhkan jambunya. Akibatnya kita akan menjadi lelah untuk mengurusnya. Bagi yang tidak kuat akan jarang untuk membersihkannya, sehingga sampah akan semakin menumpuk.

Tidak ada komentar: