Sabtu, 07 Februari 2009

Debat Yang Sehat

Debat adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan adu argumen untuk mendapatkan argumen atau gagasan yang baik atau sesuai dengan kenyataannya. Kegiatan debat sering dilakukan di mana saja seperti di sekolah. Perdebatan di sekolah sering dilakukan karena tuntutan pelajaran yang mengharuskan untuk berdebat. Tapi menurut pengalaman saya sebagai seorang pelajar, debat yang dilakukan di sekolah kebanyakan tidak sehat karena para murid berdebat atas dasar untuk membuat argumennya menjadi yang terbaik, padahal di sisi lain belum tentu argumennya benar. Secara pribadi saya kurang menyukai debat, saya lebih memilih untuk jajak pendapat.
Tapi di sini saya akan memberikan kepada Anda bagaimana cara - cara debat yang sehat. Berikut tipsnya:
1. Berdebat dilandasi dengan niat untuk mencari solusi atas suatu masalah, bukan untuk mengalahkan orang yang diajak berdebat.
2. Di dalam berdebat apabila argumen Anda kalah dari argumen yang lain dengan bukti - bukti yang objektif, Anda harus mengakui kekalahan Anda walaupun rasanya pahit.
Itulah tips yang saya dapat berikan kepada Anda, yang jelas kuncinya dalam berdebat adalah Anda harus berani mengakui apabila pendapat Anda memang salah.
SELESAI

Tidak ada komentar: