Selasa, 10 Februari 2009

Dosa besar terhadap Allah adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang menyimpang jauh dari ajaran Allah dan pelakunya diancam hukuman yang berat, baik di dunia maupun di akhirat.
Dosa besar dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :
1. Syirik, yaitu perbuatan mempercayai atau menduakan tuhan. Misalnya kita lebih percaya kepada dukun akan ilmu hitamnya. Orang yang berperilaku syirik dinamakan musyrik. Pelakunya akan diancam hukuman yang berat dan kesalahannya tidak diampuni oleh Allah apabila sebelum ajal menjemput dia tidak bertobat dengan sungguh - sungguh.
2. Kufur, yaitu mengingkari ajaran Allah yang dibawa oleh Rasul. Orang yang mengingkari ajaran Allah dinamakan kafir. Pelakunya akan mendapatkan azab dari Allah. Contoh azab yang diberikan Allah kepada kaum tsamud.
3. Nifak, yaitu melakukan sesuatu yang bertolak belakang dengan hatinya. Pelakunya disebut munafik. Contoh : berpura - pura memeluk agama Islam, padahal dalam hatinya kafir. Orang munafik adalah orang sangat berbahaya karena tidak satupun ucapannya yang dapat kita pegang. Mereka akan mendapatkan azab yang pedih di akhirat.
4. Fasik adalah perbuatan tidak melaksanakan perintah Allah atau dengan kata lain ia sudah lupa terhadap Allah. Contoh : tidak melaksanakan shalat 5 waktu, tidak berzakat, tidak berpuasa, dll. Pelakunya akan mendapatkan azab yang berat di neraka.

Saya sangat berharap jika Anda membaca artikel ini Anda dapat menjauhi perbuatan dosa besar, karena dosa besar adalah perbuatan yang sangat dibenci Allah dan apabila kita tidak bertobat secara nasuha, kita akan sengsara di akhirat.

Tidak ada komentar: